Bagi yg udah kenal ama virus jail yang satu ini dan pengen tau gimana cara menghapusnya, nih ane beri tau caranya. Sangat gampang kok, ikuti aja tahap demi tahap :

  1. Siapin dulu flashdisk yang kena virus (ini kalo virusnya berada pada flashdisk)
  2. Trus colokin ke USB port (ya iyalah ke USB port, emang ada flashdisk yang bisa dicolokin selaen ke USB port)
  3. Saat FD dicolokin, tekan bersamaan dengan tombol shift selama kurang lebih 10 detik (buat apa ya? Agar autorunnya non aktif) tapi jika (auto run) udah dimatiin pada control panel lewati aja tahap ini!
  4. Buka jendela cmd dengan menekan tombol WINDOWS+R ketik CMD dan ENTER
  5. Stelah itu cek di drive apa flashdisk nya berada?
  6. Misal flashdisknya di drive e, maka pada tampilan box cmd tulislah kode : attrib -h -r -s /s /d e:*.*
  7. Misal flashdisknya di drive f, maka pada tampilan box cmd tulislah kode : attrib -h -r -s /s /d f:*.*
  8. Misal flashdisknya di drive g, maka pada tampilan box cmd tulislah kode : attrib -h -r -s /s /d g:*.*
  9. Kemudian tekan ENTER, tunggu sampai proses selesai dan cek flashdisknya
  10. Nah jangan pada heran kalau virusnya masih ada. Tenang & sabar, itu kuncinya. Selanjutnya tinggal di blok virusnya dan tekan DELETE lalu ENTER untuk menghapusnya
  11. Selesai, mudah kan… ?

Sekilas mengenai virus shortcut…

Dengan melihat judul diatas (…tanpa anti virus) bukan berarti saya menghalangi untuk menggunakan anti virus pada komputer anda (anti-virus is recommended). Baiklah, sekarang kita mencoba untuk mengenal jenis virus ini. Virus shortcut merupakan virus yang dibangun dengan bahasa program Visual Basic, virus ini banyak  menyebar malaui flashdisk dan kemudian berkembang menjadi beberapa folder atau file berbentuk shortcut. Cara kerjanya adalah dengan menyembunyikan (hidden) file asli sehingga seakan-akan file-nya hilang/lenyap padahal ketika diperiksa kapasitas ataupun ukuran file menunjukkan bahwa file tersebut masih ada namun tak dapat diakses oleh user. Jika anda mengalami kejadian diatas, jangan terburu-buru putus asa dan memformat flashdisk, segera lakukan langkah-langkah seperti yang telah kami tulis, dijamin dengan izin Allah file anda akan kembali (telah kami buktikan sekian kali dan 100% berhasil). Sekian penjelasan singkat mengenai virus shortcut, meski tidak terlalu berbahaya dalam hal penyebaran namun tetaplah waspada terhadap virus yang satu ini!

Leave a Reply

*