Apa kabar pembaca setia Dedyright…? Kapan pun anda membaca tulisan ini aq berharap cuaca disekitar anda cerah selalu, meskipun saat tulisan ini dibuat kondisi cuaca agak kurang familiar. Tapi itulah dinamika kehidupan, apapun yang terjadi kita mesti senantiasa bersyukur karena dengan segala kemurahan-Nya, kita masih diberi kehidupan yang setidaknya sampai detik ini kita masih dapat dengan leluasa menghirup udara segar secara GRATIS tanpa dipungut biaya sepeserpun. Begitu sempurnanya nikmat Tuhan pada hamba-Nya bahkan kepada yang mengingkari kebesaran-Nya pun tetap Ia kasihi. Fabi’ayyi aalaa ‘irobbikumaa tukadzdzibaan, “Maka nikmat Tuhan apa lagi yang kau dustakan…?” (QS. Ar-Rahman : 13). Loh ini mau ceramah apa bahas masalah komputer….? Hehehe :-) , kalau boleh keduanya mengapa tidak…?

Ok sekarang kita fokus pada topik pembahasan, berbicara masalah pada memory card apa ada hubungannya ya dengan Mie pangsit? Entah, aq juga bingung gimana cara menjelaskannya kepada pembaca. Tapi udah lah simak aja dulu! Entar juga tau. Aq share berdasarkan pengalaman pribadi. Beberapa waktu yang lalu aq sempat ditelfon oleh salah seorang kawan yang juga masih berstatus sebagai mahasiswa, ia menanyakan tantang kartu memory dari kamera digital yang tiba-tiba tidak bisa dibuka alias minta diformat, kalau gak diformat ia gak mau terbuka (maksa benar tuh memory card ;-) ), tentu pembaca sudah tau apa efeknya ketika memory tersebut diformat. Ya, otomatis semua file yang ada dalam kartu memory itu akan terhapus secara permanen padahal menurut kawan aq, disitu terdapat foto-foto penting milik dosen nya. Hal itu cukup membuat kawan aq itu pusing sekian keliling (Gak perlu aq sebutin berapa keliling, intinya ia sangat pusing ;-) ).

Bahkan saking pusingnya, ia mengajak ku untuk pergi ke salah satu tempat penyedia layanan service dengan harapan agar semua file dalam kartu memory nya dapat dikembalikan seperti sedia kala. Namun dalam menyikapi kejadian seperti itu, aq hanya berpedoman pada jurus yang selalu aq amalkan ketika ditanya seputar masalah IT “PANTANG KATAKAN TIDAK”. Alhasil aq minta kepada kawan aq itu untuk datang ke rumah agar sama-sama belajar mencari solusinya, awalnya aq berfikir ingin menggunakan cara data recovery dengan resiko file yang dikembalikan tidak sempurna lagi seperti semula. Tapi dengan optimisme yang tinggi diiringi dengan usaha untuk bertanya pada sang guru besar ku (Prof. Google), Alhamdulillah akhirnya aq temukan cara yang paling ampuh untuk membuat kartu memory itu bertekuk lutut dihadapan ku ;-) . Ini dia caranya, silahkan disimak dengan hati dan pikiran yang  jernih :

  • Pertama-tama colokkan Memory card pada slot yang sudah tersedia pada laptop anda. Nah saat anda meng-klik drive F (Posisi drive memory) maka akan mucul peringatan “You need to format the disk in drive F: Before you can use it.” Inilah akar masalahnya karena kita tidak dapat membuka dan melihat isi file dalam memory

Memory Dedyright

  • Lagi-lagi kita akan memanfaatkan perintah dalam CMD (Command Prompt), buka jendela CMD dengan meng-klik Windows+R dan ketik CMD kemudian Enter, maka akan tampil window CMD yang berlatar hitam

CMD Dedyright

  • Ketik “CHKDSK F:/R” dan tekan Enter (Note : perintah tersebut diketik tanpa tanda kutip, “F” menunjukkan letak drive memory yang akan di perbaiki)
  • Tunggu hingga prosesnya selesai, jika ada pertanyaan yang muncul Yes or No “Y/N” maka ketik “Y”
  • Langkah terakhir tutup jendela CMD dengan mengetik “EXIT” kemudian tekan Enter
  • Silahkan cek kembali pada drive F atau dimanapun letak kartu memory anda, maka dengan izin Allah sudah dapat terbuka kembali.

Jika anda mengikuti tahap demi tahap langkah diatas maka Insya Allah akan berhasil, hal itu telah aq praktekkan dengan sukses tanpa halangan berarti. Atas kejadian itu aq mendapat ucapan terima kasih dan bukan sekedar ucapan doang, tapi setelah itu aq ditraktir makan malam dengan menu spesial mie pangsit favorite aq dekat rumah, lumayan lah gak perlu keluarin duit lagi buat diner malam itu :-). Jadi judul artikel diatas ternyata ada hubungannya ya…? Yang namanya rezeki emang gak akan kemana, ikhlas berbuat dan berani bertanggung jawab, itu rumus kita kali ini :-) . Ok deh sekian tutorial kali ini. Semoga ada manfaatnya, sampai jumpa lagi pada artikel yang tak kalah menarik selanjutnya…Salam DR.

Wassalamu ‘alaykum . . .

5 Comments

  1. kalau seandainya ada tulisan CHKDSK is not available For RAW driver artinya apa ya?

Leave a Reply

*