Anda ingin membeli laptop tapi bingung memilih mana yang sesuai dengan selera anda? Simak baik-baik tips berikut agar rasa bingung anda segera teratasi :

1. Menentukan spesifikasi yang pas dengan kebutuhan

Anda wajib memastikan bahwa laptop yang anda beli harus sesuai dengan kebutuhan. Tips ini sengaja kami tempatkan pada point pertama karena berkaitan dengan point-point berikutnya.

2. Memilih merk

Menurut kami, menentukan merk bukan lah menjadi prioritas utama saat anda ingin membeli laptop. Namun kalau kami boleh menyarankan, beli lah laptop dengan merk perusahaan yang berani memberi garansi dalam jangka waktu yang lama seperti ASUS atau ACER, atau kalau punya budget lebih dapat membeli merk SONY VAIO (produk Jepang) atau DELL (Produk Amerika).

3. Dengan atau tanpa VGA…?

  • Jika anda seorang designer grafis atau user yang membutuhkan hasil tampilan gambar yang jernih dengan kualitas prima, silahkan membeli laptop yang dilengkapi dengan VGA card (ATI maupun NVIDIA). Pun dengan anda yang hobby bermain game-game berat (cont : Pro Evolutoin Soccer, dll), maka VGA card menjadi perangkat yang wajib terinstall pada laptop anda.
  • Apabila anda menggunakan laptop hanya untuk keperluan mengetik, browsing dan hal lain yang tidak menitik beratkan pada kualitas gambar, ada baiknya anda membeli laptop yang tidak dilengkapi dengan VGA card alias hanya menggunakan VGA standard. Hal ini perlu dicatat demi efisiensi budget anda.

4. AMD atau Intel…?

Di dunia komputer, kita mengenal dua jenis produsen processor yang paling laris, apalagi kalau bukan AMD dan Intel (walaupun masih ada merk lain selain yang disebutkan diatas). Untuk memilih diantara keduanya, kita tidak perlu terlalu dibuat pusing karena secara kualitas relatif sama. Namun jika dilihat dari segi ekonomi dapat kami simpulkan bahwa AMD lebih sedikit bersahabat dengan anda yang menginginkan kualitas baik dengan harga terjangkau. Banyak yang beranggapan bahwa AMD cepat panas, may be yes may be no. bisa saja benar karena AMD merupakan tipe processor yang rela mengorbankan dirinya kerja extra sampai kepanasan agar komponen lain tetap berjalan normal, itu sebabnya laptop dengan processor AMD jarang mengalami hang. Sebaliknya pada processor intel, ketika ia sudah tak mampu (overhat) maka laptop akan hang karena ibaratnya si Intel ini berkata “dari pada aq yang rusak, mending aq berhenti bekerja, aq tak sudi mengorbankan nyawaku”. Hehe :-), mungkin seperti itu lah ilustrasinya. Tapi biar adil, kami juga akan menyebutkan beberapa keunggulan intel diantaranya dari segi stabilitas dan kecepatan perlu kita akui bahwa intel sedikit lebih unggul.

Warning…!

Kami sarankan kepada anda yang menggunakan laptop hanya untuk mengerjakan sesuatu yang tidak menghasilkan (uang) agar sebaiknya berpikir seribu kali untuk membeli laptop yang dilengkapi dengan VGA card mengingat daya tahan perangkat tersebut yang lemah dan rentan terjadi kerusakan. Tentu hal ini juga dipengaruhi oleh intensitas pemakaian, semakin sering anda pakai, maka usia laptop anda juga akan semakin singkat. Kecuali bila anda dilahirkan dari keluarga kaya raya, maka hal itu sah-sah saja dan silahkan abaikan peringatan ini! ;-)

6 Comments

  1. Trims tips.y..tp Q Lebih familiar dgn processor intel bro . . .
    AMD g’ maksimal..

  2. Ge'er 007

    yg pake vga lbh ok, vga standard jujur gk seru, cpt rusaky egp :-) trgantung perwatan.

Leave a Reply

*